Anggaran Bisnis (Business Budgeting) adalah keseluruhan rencana dari
kegiatan-kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (angka) dan dalam
periode waktu tertentu yang akan datang.
Unsur-unsur utama dalam anggaran:
Unsur-unsur utama dalam anggaran:
1.
Keseluruhan
Rencana, merupakan penentuan kegiatan yang dilakukan pada waktu yang akan
datang.
2.
Kegiatan
Perusahaan, meliputi seluruh kegiatan yang akan dilakukan oleh semua
bagian-bagian dalam perusahaan.
3.
Dinyatakan
dalam angka, adalah unit yang dapat digunakan pada semua kegiatan perusahaan
yang bermacam-macam.
4.
Periode
tertentu, adalah keseluruhan mengenai apa-apa saja yang akan terjadi pada masa
yang akan datang.
Terdapat 2 macam anggaran (budget):
1.
Budget
Strategis, ialah anggaran yang berlaku untuk jangka panjang yaitu melebihi satu
periode akuntansi (melebihi 1 tahun)
2.
Budget
Taktis, ialan anggaran yang berlaku untuk jangka pendek, yaitu satu periode
akuntansi atau kurang.
Budget disusun oleh panitia
penyusun anggaran ( Budgeting Committee ). Yang terdiri atas pemegang fungsi-fungsi
utama ( Budget Participative ).
Anggaran mempunyai 3 kegunaan pokok yaitu:
Anggaran mempunyai 3 kegunaan pokok yaitu:
1.
Sebagai
pedoman kerja. Anggaran berfungsi sebagai pedoman kerja dan memberikan arah
serta target-target yang harus dicapai oleh kegiatan-kegiatan perusahaan pada
waktu yang akan datang.
2.
Sebagai
alat koordinasi kerja. Dengan adanya anggaran semua bagian-bagian yang terdapat
di dalam perusahan dapat saling menunjang dan bekerja sama dengan baik, untuk
menuju pada sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
3.
Sebagai
alat pengawasan atau pengendalian. Anggaran berfungsi sebagai tolok ukur (alat
pembanding) untuk menilai dan mengevaluasi realisasi kegiatan perusahaan pada
masa yang akan datang.
Disisi lain
anggaran juga memiliki kelemahan antara lain:
1.
Anggaran
(Budget) hanyalah suatu alat.
2.
Anggaran
(Budget) tidak menggantikan posisi manajemen.
Proses
penyusunan anggaran:
· Mencari faktor
yang tersulit.
· Posisi
perusahaan dalam persaingan ( Leader / Follower ).
· Memperoleh data
akurat.
· Ahli.
Cara penyajian:
· Angka akurat
· Informatif
· Mudah dilihat
pergerakannya
Faktor yang mempengaruhi penyusunan budget yaitu:
1.
Faktor
intern adalah faktor-faktor yang ada dalam perusahaan itu sendiri.
Factor-faktor tersebut antara lain berupa penjualan tahun lalu, kebijaksanaan
perusahaan, modal kerja yang dimiliki, tenaga kerja yang dimiliki, kapasitas
perusahaan yang dimiliki, dll.
2.
Faktor
ekstern adalah faktor-faktor yang ada diluar perusahaan tapi mempengaruhi
kehidupan perusahaan. Factor-faktor tersebut antara lain berupa keadaan
persaingan, tingkat pertumbuhan penduduk, penghasilan masyarakat, pendidikan
masyarakat, penyebaran penduduk, agama, adat-istiadat dan kebiasaan masyarakat,
dll.
Anggaran (Budget) yang baik haruslah mencakup seluruh kegiatan perusahaan, yang sering dinamakan Budget Komprehensif. Secara garis besar isi dari Budget Komprehensif terdiri dari:
1.
Budget
Taksiran (Forecasting Budget), berisi taksiran-taksiran tentang
kegiatan-kegiatan perusahaan dan keadaan (posisi) financial perusahaan pada
saat tertentu pada waktu yang akan datang.
2.
Budget
Variabel, berisi tentang tingkat perubahan atau variabilitas biaya, khususnya
biaya-biaya yang termasuk kelompok biaya ”semi-variabel” sehubungan dengan
adanya produktivitas perusahaan.
3.
Analisa
Statistika dan Matematika Pembantu, yang dipergunakan untuk membuat taksiran-taksiran
serta mengadakan penilaian (evaluasi) dalam rangka mengadakan pengawasan kerja.
4.
Laporan
Budget (Budget Report), yaitu laporan tentang realisasi pelaksanaan budget yang
dilengkapi dengan berbagai analisa perbandingan antara budget dan realisasinya
sehingga dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dan
sebab-sebabnya, baik yang bersifat positif (menguntungkan) maupun negative
(merugikan), sehingga dapat ditarik kesimpulan dan tindak lanjut (follow-up)
yang segera perlu dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar