Pokok – pokok Enterpreunerial marketing
Penentuan pasar
Pasar begitu luas sehinggan pengusaha
harus memilih pasar mana saja yang akan dilayani, agar dapat fokus. Dimulai
dari segmentasi pasar, yaitu upaya-upaya untuk mengelompokkan pasar, hal ini
untuk mempermudah bagaimana memperlakukan pasar, tidak hanya itu tapi kita harus melihat
kebutuhan konsumen, dengan mengetahui kebutuhan konsumen kita dapat menilai
produksi yang kita buat.
Perencanaan
produk
Produk harus disesuaikan dengan selera
pasar yang dibidik, misalnya
Nugget Tahu yang kita buat, kita melihat di Jogja tingkat konsumsi untuk jenis
kuliner, sedangkan di jogja sendiri untuk nugget jenis tahu ini masih belum
ada. Sehingga kita berinisiatif untuk membuat Nugget tahu ini.
Manajemen Harga
Manajemen harga adalah bentuk upaya
yang paling strategis dalam mengawali
persaingan, bisa berawal dari perhitungan yang baik, mulai dari Output, Proses, dan Input
secara internal kemudian dibandingkan dengan pesaing.
Distribusi
Distribusi merupakan bagian dari
strategi marketing sehingga ada 3 pihak yang akan dipuaskan, pertama produsen,
kedua agen, ketiga konsumen. Distribusi adalah layanan yang bisa dirasakan
dampaknya oleh semua pihak karena menggunakan rantai atau jalur.
Komunikasi dan
Promosi
Dalam komunikasi ini menjadi lini yang
patut disusun dengan baik karena ini yang akan menjadi awal pertemuan atau awal
hubungan berupa informasi-informasi. Komunikasi ini meliputi pemasaran, sistem
publikasi, promosi penjualan, hubungan relasi, penjualan langsung, pembentukan
media pendukung. Semua akan
berjalan sesuai apa yang di inginkan, dengan catatan komunikasi dan promosi
berjalan dengan baik, inovatif dan kreatif.
Pokok
– pokok Enterpreunerial financial
Aspek sumber
dana
Berdasarkan sumbernya dana perusahaan dapat dibedakan
menjadi dua yaitu :
Dana yang berasal dari perusahaan yang
juga sering disebut pembelanjaan intern. Ada tiga jenis sumber dana intern
perusahaan, yaitu : Penggunaan dana perusahaan, penggunaan cadangan, penggunaan
laba yang tidak dibagi.
Dana yang berasal dari luar perusahaan
(pembelanjaan ekstern), yang terdiri dari : dana dari pemilik penyertaan, dana
yang berasal dari hutang, dana bantuan program pemerintah pusat dan pemda, dana
dari investor, dana ventura.
Aspek
perencanaan dan penggunaan dana
Ada beberapa aspek yang harus
diperhatikan dalam merancang penggunaan dana yaitu :
Biaya awal
Proyeksi keuangan yang mencakup :pembukaan
neraca harian, proyeksi neraca, proyeksi cash flow
Break even analysis
Aspek
pengawasan atau pengendalian keuangan
Pengawasan dan pengendalian keuangan pada
umumnya bersifat khusus, dimana setiap adanya proses pengeluaran dan pemasukan
harus ada pencatatan setiap transaksinya, dan harus ada rekening kontrolnya.
Syarat-syarat waralaba
Memiliki ciri khas usaha misalnya merk,
bahan baku, cara penyajian dan sebagainya.
Kedua perusahaan harus membukukan
keuntungan selama minimal dua tahun.
Perusahaan waralaba wajib memiliki standar
operasi pelayanan (SOP) atas barang dan jasa yang ditawarkan. Selanjutnya, SOP
tersebut harus mudah diajarkan dan diaplikasikan.
Perusahaan waralaba harus
memperlihatkan adanya kesinambungan usaha. Terakhir, perusahaan waralaba harus
memenuhi jaminan hak kekayaan intelektual (HAKI).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar