Jumat, 04 Januari 2013

PENJELASAN MARKETING ENTERPRENEURSHIP NUGGET TAHU


Pokok – pokok Enterpreunerial marketing
Penentuan pasar
Pasar begitu luas sehinggan pengusaha harus memilih pasar mana saja yang akan dilayani, agar dapat fokus. Dimulai dari segmentasi pasar, yaitu upaya-upaya untuk mengelompokkan pasar, hal ini untuk mempermudah bagaimana memperlakukan pasar, tidak hanya itu tapi kita harus melihat kebutuhan konsumen, dengan mengetahui kebutuhan konsumen kita dapat menilai produksi yang kita buat.

Perencanaan produk
Produk harus disesuaikan dengan selera pasar yang dibidik, misalnya Nugget Tahu yang kita buat, kita melihat di Jogja tingkat konsumsi untuk jenis kuliner, sedangkan di jogja sendiri untuk nugget jenis tahu ini masih belum ada. Sehingga kita berinisiatif untuk membuat Nugget tahu ini.

Manajemen Harga
Manajemen harga adalah bentuk upaya yang paling strategis dalam  mengawali persaingan, bisa berawal dari perhitungan yang baik, mulai dari Output, Proses, dan Input secara internal kemudian dibandingkan dengan pesaing.

Distribusi
Distribusi merupakan bagian dari strategi marketing sehingga ada 3 pihak yang akan dipuaskan, pertama produsen, kedua agen, ketiga konsumen. Distribusi adalah layanan yang bisa dirasakan dampaknya oleh semua pihak karena menggunakan rantai atau jalur.

Komunikasi dan Promosi
Dalam komunikasi ini menjadi lini yang patut disusun dengan baik karena ini yang akan menjadi awal pertemuan atau awal hubungan berupa informasi-informasi. Komunikasi ini meliputi pemasaran, sistem publikasi, promosi penjualan, hubungan relasi, penjualan langsung, pembentukan media pendukung. Semua akan berjalan sesuai apa yang di inginkan, dengan catatan komunikasi dan promosi berjalan dengan baik, inovatif dan kreatif.

Pokok – pokok Enterpreunerial financial
Aspek sumber dana
Berdasarkan  sumbernya dana perusahaan dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
Dana yang berasal dari perusahaan yang juga sering disebut pembelanjaan intern. Ada tiga jenis sumber dana intern perusahaan, yaitu : Penggunaan dana perusahaan, penggunaan cadangan, penggunaan laba yang tidak dibagi.
Dana yang berasal dari luar perusahaan (pembelanjaan ekstern), yang terdiri dari : dana dari pemilik penyertaan, dana yang berasal dari hutang, dana bantuan program pemerintah pusat dan pemda, dana dari investor, dana ventura.

Aspek perencanaan dan penggunaan dana
Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam merancang penggunaan dana yaitu :
Biaya awal
Proyeksi keuangan yang mencakup :pembukaan neraca harian, proyeksi neraca, proyeksi cash flow
Break even analysis

Aspek pengawasan atau pengendalian  keuangan
Pengawasan dan pengendalian keuangan pada umumnya bersifat khusus, dimana setiap adanya proses pengeluaran dan pemasukan harus ada pencatatan setiap transaksinya, dan harus ada rekening kontrolnya.

Syarat-syarat waralaba
Memiliki ciri khas usaha misalnya merk, bahan baku, cara penyajian dan sebagainya.
Kedua perusahaan harus membukukan keuntungan selama minimal dua tahun.
 Perusahaan waralaba wajib memiliki standar operasi pelayanan (SOP) atas barang dan jasa yang ditawarkan. Selanjutnya, SOP tersebut harus mudah diajarkan dan diaplikasikan. 
Perusahaan waralaba harus memperlihatkan adanya kesinambungan usaha. Terakhir, perusahaan waralaba harus memenuhi jaminan hak kekayaan intelektual (HAKI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar