Jumat, 04 Januari 2013

Proses Perencanaan Bisnis Baru


Analisis Industri
Bagian ini harus dimulai dengan mendiskusikan tren utama dalam industri di mana perusahaan bermaksud untuk bersaing bersama dengan karakteristik penting industri, seperti ukuran, daya tarik, dan potensi keuntungan.
Bagian ini juga harus membahas bagaimana perusahaan akan mengurangi atau menghindari kekuatan yang menekan profitabilitas industri-nya.
Target pasar perusahaan harus didiskusikan berikutnya, bersama dengan analisis tentang bagaimana itu akan bersaing di pasar tersebut.

Marketing Plan
Rencana pemasaran harus segera mengikuti analisis industri dan harus memberikan rincian tentang produk perusahaan baru atau jasa.
Setelah membaca bagian dari rencana itu, investor harus yakin bahwa pendekatan keseluruhan perusahaan untuk target pasar dan strategi produk, strategi penetapan harga, saluran distribusi, dan strategi promosi yang sinkron dengan satu sama lain dan masuk akal.

Rencana Operasi
Bagian ini berkaitan dengan rencana operasi sehari-hari perusahaan.
Tinjauan dari rencana manufaktur (atau jasa rencana pengiriman) harus diikuti dengan deskripsi dari jaringan pemasok, mitra bisnis, dan penyedia jasa yang akan diperlukan untuk membangun produk atau menghasilkan perusahaan jasa akan menjual.
Setiap risiko atau peraturan yang berkaitan dengan operasi perusahaan harus diungkapkan, seperti peraturan tidak rutin mengenai pembuangan limbah dan keselamatan pekerja.

Rencana Keuangan
Bagian keuangan rencana tersebut harus menunjukkan kelayakan keuangan usaha. Seorang pembaca yang cermat rencana akan meneliti bagian ini.
Rencana keuangan harus dimulai dengan penjelasan tentang dana yang akan dibutuhkan oleh bisnis selama tiga sampai lima tahun ke depan bersama dengan penjelasan tentang bagaimana dana tersebut akan digunakan.
Informasi ini disebut sumber dan penggunaan dana laporan.
Bagian selanjutnya dari bagian ini termasuk proyeksi keuangan, yang dimaksudkan untuk lebih menunjukkan kelayakan keuangan usaha.

Rencana Keuangan (lanjutan)
Proyeksi keuangan harus mencakup tiga sampai lima tahun laporan laba rugi pro forma, neraca, dan laporan arus kas, seperti yang dijelaskan dalam Bab 7.
Penting untuk mengingat bahwa rencana bisnis harus didasarkan pada proyeksi realistis.
Jika tidak dan perusahaan mendapatkan pendanaan atau pembiayaan, ada pasti akan menjadi hari perhitungan. Investor dan bankir terus pengusaha bertanggung jawab atas angka-angka dalam proyeksi mereka.

Kritis Faktor Risiko
Meskipun berbagai risiko potensial kritis mungkin ada, bisnis harus penjahit bagian ini untuk menggambarkan risiko yang benar-benar kritis.

Lampiran
Setiap material yang tidak mudah masuk ke dalam tubuh rencana bisnis akan muncul dalam lampiran. Contoh bahan yang mungkin muncul dalam Lampiran meliputi:
Resume dari anggota tim manajemen puncak, foto atau diagram prototipe produk atau produk, data keuangan tertentu, dan proyeksi penelitian pasar.

Membuat Presentasi untuk Investor
Jika rencana bisnis berhasil memunculkan kepentingan calon investor, langkah berikutnya adalah untuk bertemu dengan investor dan menyajikan rencana secara pribadi.
Pertemuan pertama dengan investor umumnya sangat singkat, sekitar satu jam. Investor biasanya akan meminta perusahaan untuk membuat 20 - sampai 30 - presentasi menit menggunakan slide PowerPoint dan menggunakan sisa waktu untuk merespon pertanyaan.
Jika investor terkesan dan ingin belajar lebih banyak tentang usaha itu, perusahaan akan diminta kembali untuk pertemuan kedua.

Tips Membuat Presentasi Lisan untuk Investor
Ketika diminta untuk bertemu dengan investor, para pendiri atau usaha baru harus menyiapkan satu set slide PowerPoint yang akan mengisi slot waktu yang diizinkan.
Presentasi harus halus dan dilatih dengan baik. Slide harus tajam dan tidak berantakan dengan bahan.
Aturan pertama dalam membuat suatu presentasi lisan adalah mengikuti petunjuk. Jika seorang investor mengatakan seorang pengusaha bahwa ia memiliki satu jam dan jam akan terdiri dari presentasi 30 menit dan waktu pertanyaan-dan-jawaban 30 menit, presentasi tidak harus berlangsung lebih dari 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar