Sabtu, 24 Mei 2014

BAB I. Pengertian Konsep dan Lingkungan Pemasaran



BAB I.
engertian Konsep dan Lingkungan Pemasaran
Secara umum, pengertian pemasaran adalah :
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga mendistribusikan, serta mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :
1.       Pemasar
Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya.
2.       Barang dan Jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang dapat bersifat konkret, tidak konkret(jasa) atau kombinasinya.
3.       Pasar
Pasar adalah konsumen probadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang terwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
4.       Proses Pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing – masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing – masing.

Lingkup Pengertian Pemasaran
  1. Pemasaran Mikro – Eksternal
Lingkup kegiatan pemasaran pada pengertian diatas melibatkan antara kepentingan internal (lingkup mikro perusahaan) pemasar dengan pasar pada posisi eksternal perusahaan (orientasi eksternal).  Pengertian pemasaran yang melibatkan lingkup mikri perusahaan dengan orientasi eksternal dapat dikelompokkan sebagai pengertian pemasaran mikro – eksternal atau sering dikenal sebagai pemasaran eksternal.
  1. Pemasaran Mikro – Internal :
Untuk pencapaian tujuan pada lingkup mikro perusahaan, dukungan pihak internal (pemodal, pelaksana, dan pengelola) sangat diperlukan. Mereka mempunyai kebutuhan – kebutuhan yang juga perlu dipenuhi. Peusahaan perlu memenuhi kebutuhan kegiatan pemasaran yang berorientasi internal perusahaan.
  1. Pemasaran Makro – Eksternal :
Pemasaran makro adalah proses penyebaran dan pengembangan kualitas masyarakat. Perekonomian akan semakin berkembang apabila arus barang mengalir lancer dari produsen ke konsumen. Peningkatan kegiatan masyarakat produsen (skala makro) dan kemampuan masyarakat (skala makro) menyerap hasil produksinya adalah proses keseimbangan antara permintaan masyarakat konsumen dan penawaran masyarakat produsen.
Fungsi Pemasaran Universal
Untuk melakukan pemasaran, pemasar perlu melakukan kegiatan – kegiatan fungsional. Fungsi – fungsi pemasaran tersebut adalah :
Pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan, standarisasi dan klarifikasi, pembungkusan, penanggungan resiko, pendanaan dan pengendalian informasi pemasaran (misal periklanan).
Perkembangan Konsep Pemasaran :
1)      Konsep Produksi
Anggapan pemasar yang berorientasi kepasa proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk – produk yang murah.
2)      Konsep Produk
Anggapan pemasar yang berorientasi lebih menghendaki produk – produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.
3)      Konsep Penjualan
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi  agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.                      
4)      Konsep Pemasaran
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan (eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk – produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
5)      Konsep Pemasaran yang memasyarakat (social)
Anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk – produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan social konsumen.    
6)      Konsep Pasar
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan pesaing – pesaing perusahaan (persaingan pasar) bahwa produsen perlu mempunyai keunggulan pasar yang bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar