BAB I.
engertian Konsep dan Lingkungan
Pemasaran
Secara umum, pengertian pemasaran adalah :
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan
bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau
jasa, menetapkan harga mendistribusikan, serta mempromosikan melalui proses
pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah :
1.
Pemasar
Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang
mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya.
2.
Barang dan Jasa
Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk
pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang dapat bersifat konkret,
tidak konkret(jasa) atau kombinasinya.
3.
Pasar
Pasar adalah konsumen probadi atau organisasi perusahaan
yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang terwujud sebagai permintaan
terhadap barang atau jasa.
4.
Proses Pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing – masing
memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan
kebutuhan dan keinginan masing – masing.
Lingkup Pengertian Pemasaran
- Pemasaran Mikro – Eksternal
Lingkup kegiatan pemasaran pada pengertian diatas
melibatkan antara kepentingan internal (lingkup mikro perusahaan) pemasar
dengan pasar pada posisi eksternal perusahaan (orientasi eksternal). Pengertian pemasaran yang melibatkan lingkup
mikri perusahaan dengan orientasi eksternal dapat dikelompokkan sebagai
pengertian pemasaran mikro – eksternal atau sering dikenal sebagai pemasaran
eksternal.
- Pemasaran Mikro – Internal :
Untuk pencapaian tujuan pada lingkup mikro perusahaan,
dukungan pihak internal (pemodal, pelaksana, dan pengelola) sangat diperlukan.
Mereka mempunyai kebutuhan – kebutuhan yang juga perlu dipenuhi. Peusahaan
perlu memenuhi kebutuhan kegiatan pemasaran yang berorientasi internal
perusahaan.
- Pemasaran Makro – Eksternal :
Pemasaran makro adalah proses penyebaran dan pengembangan
kualitas masyarakat. Perekonomian akan semakin berkembang apabila arus barang
mengalir lancer dari produsen ke konsumen. Peningkatan kegiatan masyarakat
produsen (skala makro) dan kemampuan masyarakat (skala makro) menyerap hasil
produksinya adalah proses keseimbangan antara permintaan masyarakat konsumen
dan penawaran masyarakat produsen.
Fungsi Pemasaran Universal
Untuk melakukan pemasaran, pemasar perlu melakukan kegiatan –
kegiatan fungsional. Fungsi – fungsi pemasaran tersebut adalah :
Pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan,
standarisasi dan klarifikasi, pembungkusan, penanggungan resiko, pendanaan dan
pengendalian informasi pemasaran (misal periklanan).
Perkembangan Konsep Pemasaran :
1)
Konsep Produksi
Anggapan pemasar yang berorientasi kepasa proses produksi
(internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk – produk yang murah.
2)
Konsep Produk
Anggapan pemasar yang berorientasi lebih menghendaki
produk – produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.
3)
Konsep Penjualan
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat
penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga
tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan.
4)
Konsep Pemasaran
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan
(eksternal) bahwa konsumen hanya akan bersedia membeli produk – produk yang
mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
5)
Konsep Pemasaran yang
memasyarakat (social)
Anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli
produk – produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan
social konsumen.
6)
Konsep Pasar
Anggapan pemasar yang berorientasi kepada pelanggan dan
pesaing – pesaing perusahaan (persaingan pasar) bahwa produsen perlu mempunyai
keunggulan pasar yang bersaing (kompetitif) untuk dapat memenuhi dan memuaskan
pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar