Sabtu, 24 Mei 2014

BAB IX KOMUNIKASI PEMASARAN



Komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi dan atau mengingatkan pasar sasaran  atas perusahaan  maupun produk agar bersedia menerima, membeli dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen.
Proses Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan yang merupakan gagasan  atau informasi pengirim melalui suatu media kepada pihak penerima agar mampu memahami maksud pengirim.
Tiga unsur pokok dalam struktur proses komunikasi adalah
1.         Pelaku komunikasi, pengirim adalah komunikator yang menyampaikan pesan. Penerima adalah pihak penerima pesan.
2.         Material Komunikasi, gagasan adalah materi pokok yang hendak disampaikan pengirim. Pesan adalah himpunan berbagai simbol dari suatu gagasan. Media adalah pembawa pesan komunikasi. Response adalah reaksi pemahaman atas pesan yang diterima oleh penerima. Feed-back adalah pesan umpan balik dari sebagian atau keseluruhan response yang dikirim kembali oleh penerima. Noise adalah gangguan atau hambatan dalam proses komunikasi.
3.         Proses komunikasi, adalah proses penyampaian pesan maupun pengiriman kembali respon yang akan memerlukan dua kegiatan, yaitu encoding dan decoding. Encoding adalah proses merancang atau merubah gagasan secara simbolik menjadi suatu pesan untuk disampaikan kepada penerima. Decoding adalah proses menguraikan atau mengartikan simbol sehingga pesan yang diterima menjadikan suatu pemahaman.
Perencanaan Komunikasi Pemasaran
Agar komunikasi pemasaran efektif, perlu dipertimbangkan :
1.         Penetapan tujuan dan respon komunikasi
2.         Penentuan sasaran komunikasi
3.         Rancangan pesan dan media komunikasi
4.         Pengembangan promotional mix
5.         Penyusunan anggaran
6.         Evaluasi dan pengendalian komunikasi
Tujuan dan Respon Komunikasi
Tujuan komunikasi adalah untuk :
1.            Menyebarkan informasi
2.            Mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen pesaing untuk beralih merk
3.            Mengingatkan audien untuk melakukan pembelian ulang

Respons penerima komunikasi meliputi :
1.         Efek kognitif membentuk kesadaran informasi tertentu
2.         Efek afeksi, memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu yang diharapkan adalah realisasi pembelian
3.         Efek konatif atau perilaku, membentuk pola audien menjadi perilaku selanjutnya.
Tahap-tahap dalam proses pembelian :
1.         Menyadari produk yang ditawarkan
2.         Menyukai dan berusaha mengetahui lebih lanjut
3.         Mencoba untuk membandingkan dengan harapannya
4.         Mengambil tindakan membeli atau tidak membeli
5.         Tindak lanjut membeli kembali atau pindah merk
Sasaran Komunikasi
Komunikasi akan efektif apabila telah diketahui dan dipahami sasarannya (audien) dengan baik. Mereka itu dapat meliputi :
1.         Pasar pribadi
2.         Organisasi, maupun
3.         Masyarakat umum yang berperan sebagai :
-                 Pemberi informasi
-                 Pengaruh
-                 Pengambil keputusan
-                 Pelaku pembeli, maupun
-                 Pemakai produk pada proses pembelianya
Komponen Pesan
Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam perancangan pesan :
-                 Isi pesan
-                 Struktur pesan
-                 Format atau teknis pesan, dan
-                 Sumber atau komunikator
Bauran Promosi
Promosi adalah bagian dari strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi, yaitu
1.         Periklanan, menjangkau masyarakat luas, tidak berhadapan langsung dengan audien, menyampaikan gagasan secara meyakinkan dan menimbulkan efek yang dramatif.
2.         Promosi penjualan, sangat komunikarif karena mampu menciptakan respon audien terhadap perusahaan.
3.         Relasi publik, mampu menciptakan suasana yang dramatif
4.         Penjualan personal, mampu membina relasi antara perusahaan dengan konsumen
5.         Identitas produk, atribut produk mampu menciptakan simbol-simbol yang diharapkan konsumen, sehingga produk mempunyai daya tarik tersendiri.
Penentuan Bauran Promosional
Pemilihan masing-masing cara promosi mempertimbangkan faktor berikut :
-                 Karakteristik masing-masing alat promisi
-                 Sumber daya yang dimiliki perusahaan
-                 Tujuan promosi
-                 Strategi promosi
-                 Karakteristik barang
-                 Karakteristik pasar sasaran
-                 Tahap siklus kehidupan barang
Anggaran Total
Terdapat enam dasar dalam merencanakan anggaran :
1.         Subyektif perusahaan, perusahaan menetapkan anggaran berdasarkan pengalaman maupun pertimbangan subyektif manajemen
2.         Persentase penjualan lalu, penentuan anggaran berdasarkan persentase tingkat penjualan yang telah dicapai periode yang lalu.
3.         Persentase penjualan yang akan datang, anggaran total didasarkan pada persentase tertentu penjualan yang diharapkan
4.         Cadangan per unit, biaya anggaran total adalah kelipatan dari total penjualan barang yang diharapkan dengan biaya promosi per unit
5.         Tujuan dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan, tujuan perlu dijabarkan ke dalam beberapa kegiatan, masing-masing kegiatan akan memerlukan anggaran tertentu
6.         Pertimbangan strategi persaingan, pada kondisi persaingan yang ketat, penentuan besarnya anggaran promosi perlu mempertimbangkan apa yang dilakukan oleh pesaing.
Evaluasi dan Pengendalian Kegiatan Promosi
Kegiatan promosi perlu diteliti dan dikendalikan efektivitasnya. Misalnya diteliti efek promosi untuk mengetahui seberapa besar respon konsumen. Penelitian atas efek promosi dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar